5 Tips Buat THR Anda Bermanfaat Jangka Panjang

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjuCdCxIRJiJr8INdwDo76ASW84SMOINHVK3ehJC19yS2ImF1uRfdecdvfUT6NRcXUjB5-DNZnwY2r84Wbp3sisgczjE9EeMI9AUWGfYNNeKM-oHPnBKFD5z_m7Zvy1Wd116lwUjsmkKNc/s72-c/Cara-Mengelola-THR-yang-Benar-untuk-Para-Pekerja-Kontraktor.jpg click to zoom
Ditambahkan Rabu, Juli 06, 2016
Kategori Artikel
Harga @Sudah jamak jika lebaran tiba para pegawai, baik pegawai negeri maupun swasta akan memperoleh rejeki tambahan yang dinamakan THR. Ya, biasa...
Share
Hubungi Kami
BELI

Review 5 Tips Buat THR Anda Bermanfaat Jangka Panjang

@Sudah jamak jika lebaran tiba para pegawai, baik pegawai negeri maupun swasta akan memperoleh rejeki tambahan yang dinamakan THR. Ya, biasanya THR diterima beberapa hari menjelang Hari Raya.

Jumlah THR ini bervariasi, bisa satu kali gaji, bisa setengah dari gaji bahkan bisa lebih dari gaji yang kita terima. Apalagi jika diakumulasikan dengan bonus maupun sedekah dari pimpinan atau owner perudahaan tempat kita bekerja.



Nah, biasanya karena ini adalah rejeki tambahan diluar gaji banyak orang yang sering kurang bijak menggunakannya. Terkadang dana THR ini habis lebih cepat dari jumlah uang yang sama dari hari-hari biasa. Memang kebutuhan lebaran tidaklah sedikit, namun bukan berarti kita gelap mata menghabiskannya dalam waktu singkat.

Alangkah bijaknya jika kita bisa membuat dana THR kita ini sedikit membawa manfaat jangka panjang. Tidak hanya habis dalam waktu semalam. Berikut beberapa tips yang penulis rangkum dari berbagai sumber yang mungkin bisa diterapkan.

1 I Sisihkan untuk sedekah/zakat
Sebagai rejeki lebih yang diberikan oleh Allah, sebaiknya di awal kita sudah menyisihkan dana untuk sedekah atau zakat maal jika sudah terkena kewajiban zakat. Mengapa harus di awal? Karena kebutuhan lebaran begitu banyak, takutnya jika di akhirkan pos sedekah/zakat ini akan terabaikan. Tahu-tahu dana sudah habis dan ternyata masih banyak kebutuhan lainnya. Disamping itu akan ada ketenangan jiwa jika pos ini sudah tertunaikan di awal.

2 I Pisahkan THR pasangan
Jumah THR bisa jadi lebih besar untuk pasangan yang telah bekerja atau keduanya bekerja. Bisa jadi dibuat keseakatan bersama bahwa THR suami digunakan untuk keperluam lebaran sementara THR istri untuk ditabung. Yang terpenting, tetapkan anggaran keperluan Lebaran yang tepat, jangan sampai Anda membeli barang-barang kebutuhan ternyata tidak sesuai dengan kemampuan Anda.

3 I Dana Mudik
Sebenarnya mudik ini adalah kegiatan rutin tahunan yang bisa direncanakan sejak jauh-jauh hari. Jadi sebisa mungkin keperluan mudik, terutama untuk transportasi selama mudik disisihkan dari gaji bulanan Anda selama setahun. Bisa dipisahkan setiap bulan sehingga dana THR tidak dipakai untuk membeli tiket dan keperluan mudik lainnya. Keuntungan lainnya, Anda bisa menentukan hari mudik dan pembelian tiket jauuh hari sebelum mudik sehingga lebih hemat. Dana THR bisa Anda sisihkan sedikit untuk dana cadangan selama mudik.

4 I Sisihkan untuk keperluan diluar belanja lebaran
Salah satu penetapan Anggaran ideal adalah menyisihkan beberapa persen dari THR kita untuk kebutuhan di luar belanja lebaran. Diluar beli baju, kue, mudik dll. Misalnya untuk membeli sebuah keperluan yang sudah Anda inginkan sejak lama tapi karena menunggu dana jadi belum terlaksana. Dana ini bisa dipakai untuk beli buku bisnis, ikut kursus online atau kalau memang bisa ikut investasi usaha teman, bahkan bisa disisihkan untuk buat toko online.

Saat ini bisnis online sangatlah menjanjikan, tidak ada salahnya investasi leher ke atas untuk coba masuk dunia ini. Setelah lebaran dilanjutkan dengan prakteknya. Misalkan saja buat toko online, saat ini untuk buat toko online tidaklah diperlukan dana yang besar. Biayannya bisa mulai dari Rp. 200.000,- saja sudak bisa punya toko online yang cukup bagus. Dan tidak perlu sewa hosting atau biaya tahunan. Nah mau jualan apa, Anda bisa pikirkan setelah lebaran. Anda mau toko online seperti yang saat ini Anda buka dengan harga mulai Rp. 200.000,- bisa WA ke 0896-6308-4114.

5 I Komitmen anggaran
Saat Anda sudah menetapkan kebutuhan lebaran dipenuhi dengan pengaturan dana THR Anda, buatlah anggaran yang pas sehingga tidak kebablasan. Dengan begitu, Anda bisa tetap pada jalur pengeluaran yang tepat sehingga masih bisa menyisakan dana untuk tabungan dan biaya lainnya.

Oya, dana pendidikan sangat mungkin mendesak mengngat masa lebaran tahun ini berdekatan dengan pergantian tahun ajaran baru. Namun, memang alangkah baiknya jika dana pendidikan juga sudah dipersiapkan jauh-jauh hari.

Dana tambahan untuk pendidikan bisa diambilkan 25-30 persen dari jumlah sisihan dana THR Anda. Alangkah bijaknya jika dana lebaran Anda bisa meninggalkan jejak. Maksudnya, dengan dana THR tahun ini Anda bisa memiliki sebuah kegiatan yang bisa menghasilkan pendapatan tambahan diluar Gaji. Dan salah satu alternatifnya adalah masuk ke dunia bisnis online. Mau konsultasi bisnis online apa yang bisa Anda pilih, dengan senag hati penulis bisa diajak diskusi di WA 0896-6308-4114.



Komentar